Skip to main content

11 Cara Menambah Subscriber Youtube dengan Cepat dan Alami

Menambah jumlah subscriber youtube menjadi tantangan yang bisa di bilang susah susah gampang sebagai seorang youtuber. Memiliki jumlah subscriber yang banyak adalah tujuan dari setiap Youtuber. karena semakin banyak jumlah subscriber yang kita miliki, maka potensi video kita di tonton akan semakin besar.  Dan tentunya akan memberi imbas pada peningkatan penghasilan kita.

Tapi, untuk mendapatkan 1000 subsciber pertama kita bukanlah perkara gampang. butuh perjuangan dan ketekunan serta keberuntungan.

Terlepas dari semua itu, ada hal-hal yang bersifat baku yang bisa kita lakukan untuk menambah jumlah subscriber  youtube dengan cepat.


Cara menambah jumlah subscriber youtube dengan cepat.

Disini, saya akan membagikan tips bagaimana caranya meningkatkan jumlah subscriber dengan cepat. ini adalah kesimpulan yang saya dapatkan dengan mengamati chanel-chanel yang mendapatkan ribuan subscriber dalam waktu singkat.


1. Buat Niche Chanel yang Spesifik.

Kenapa harus niche yang spesifik. Di karenakan Chanel dengan niche yang spesifik akan terlihat lebih profesional. hal ini akan memberikan dorongan pada viewer kita untuk subscribe.

Tapi, niche yang spesifik harus di dukung oleh video yang banyak. minimal kita memiliki lebih dari 10 video dengan tema sejenis. 

Sebagai contoh, misalnya kita sedang mencari tutorial adobe premiere. kita menemukan 2 video dari chanel berbeda. Chanel A adalah chanel yang khusus membahas tentang tutorial Adobe Premiere, sementara itu Chanel B memiliki beragam jenis video, dan hanya memiliki kurang dari 10 video tutorial Adobe Premiere. Kalau saya bertanya pada anda, Chanel manakah yang lebih menarik untuk di subscibe. Kalau saya sendiri akan memilih Chanel A. karena dengan tema yang spesifik, tentu ada jaminan bahwa video-video yang akan di buat berikutnya adalah tentang tutorial Adobe Premiere.

2. Upload Video Berkualitas

Setelah tema Chanel, hal yang tidak kalah penting adalah kualitas video itu sendiri. jangan harap orang akan subscribe atau menonton lebih lama kalau kualitas video kita berantakan. kualitas di sini mencakup kualitas gambar, resolusi, kualitas audio, kualitas editing dan cara kita menyampaikan informasi melalui video tersebut.

Pastikan gambar video kita jelas dengan resolusi minimal HD. karena bukan jaman nya lagi kualitas video di bawah HD. 

Penataan cahaya juga penting. hal ini akan memberikan fokus serta suasana pada video kita.

Kualitas suara juga harus di perhatikan, pastikan suara dalam video dapat di dengar dengan jelas. biasanya video yang berisi suara akan lebih hidup dan lebih menarik untuk di tonton.

Framing atau teknik meletakkan objek pada layar juga penting dalam pengambilan gambar. framing yang tepat akan membuat cerita yang ingin kita sampaikan melalui video menjadi lebih hidup dan tidak membosankan.

3. Buat Judul yang Relevan dan Menarik

Setelah membuat video dengan kualitas yang bagus, pada saat upload video ke youtube, buatlah judul video yang sesuai dengan konten video. buatlah judul semenarik mungkin. 

Untuk SEO, letakan kata kunci yang ingin kita tembak pada judul video. sebagai contoh, anggap kita mempunyai video tentang memancing ikan . maka pastikan pada  judul ada kata "memancing ikan".

4. Buat Tag yang sesuai dengan konten video

Tag merupakan faktor penting supaya video kita lebih mudah ditemukan dalam pencarian Youtube. Penting untuk di ketahui bahwa saat ini Youtube adalah mesin pencari terbesar kedua setelah Google Search. Jadi dengan menggunakan tag yang tepat, maka peluang video kita untuk di tonton akan semakin besar.

Tag yang baik adalah yang sesuai dengan isi dari video dan buatlah menjadi sederhana. Bila kita membuat video tentang memancing, contoh Tag yang bisa di gunakan adalah : memancing, ikan, besar.

Hindari membuat Tag yang terlalu banyak, apalagi yang tidak sesuai dengan isi video. Hindari juga menaruh kumpulan Tag pada bagian Deskripsi. karena tindakan ini bisa di anggap Spam oleh Youtube. dan akibatnya video kita bisa di hapus atau bisa bisa Chanel kita yang Suspend. kalau sudah seperti itu, bukannya untung, malah kerja keras yang sudah kita lakukan akan hangus dalam waktu sekejap.

5. Tambahkan Deskripsi

Manfaatkan kolom deskripsi untuk menambah kekuatan keyword yang kita bidik. Deskripsi juga bisa menambah jumlah keyword supaya video kita mudah di temukan. Berikan penjelasan singkat tentang apa isi video kita pada kolom deskripsi.

Ingat, jangan pernah menambahkan tag pada deskripsi. karena hal ini bisa di anggap spam. kalau ketahuan bisa bisa video kita di hapus. contoh tag yang berlebihan adalah : memancing, pancing, mancing,fishing,ikan, besar,big,tangkap, kail. jangan pernah letakkan tag seperti itu pada kolom deskripsi. kalau mau, letakkanlah itu pada kolom tag.

6. Tambahkan gambar Thumbnail yang menarik perhatian.

Thumbnail adalah gambar tampilan video kita sebelum di putar. Gambar inilah yang akan di lihat oleh penonton untuk pertama kalinya. Thumbnail lah yang memberi kesan pertama pada penonton. klik atau tidak nya penonton sangat di tentukan oleh gambar Thumbnail ini.

Thumbnail yang baik harus menggambarkan isi dari video. Gambar closed up akan lebih menarik daripada gambar objek yang kecil. coba bandingkan dua contoh gambar Thumbnail di bawah ini. 
gambar pertama

gambar kedua

Gambar pertama kurang bisa menjelaskan isi dari video, sementara itu pada gambar kedua, dengan melihat sepintas saja kita sudah mendapat gambaran yang jelas akan seperti apa video tersebut. Tentunya gambar kedua akan mengundang klik yang lebih banyak daripada gambar pertama. bagaimana menurut anda?

Tips membuat Thumbnail yang bagus apabila dalam video kita tidak ada gambar yang menarik adalah dengan membuat custom Thumbnail. caranya, buatlah gambar yang menarik dan sesuai dengan isi video kita. kita bisa menggunakan Photoshop untuk membantu dalam hal ini. setelah itu tinggal upload gambar itu pada custom Thumbnail.

Hal yang perlu di hindari dalam pembuatan custom Thumbnail adalah, jangan pernah sekali pun membuat Thumbnail yang tidak mewakili isi dari video kita. Mungkin hal itu bisa mengundang klik yang banyak, tapi begitu melihat isi video yang tidak sesuai dengan Thumbnail, maka penonton akan segera berpindah ke video yang lain. Atau bisa jadi mereka memilih dislike sebelum keluar. Hal ini akan membuat retensi video kita menjadi rendah.

Retensi (lama video di tonton ) yang rendah akan berdampak buruk pada video. akibatnya, video kita akan semakin tenggelam dan sulit untuk di temukan baik pada pencarian atau pun video yang di sarankan di Youtube.

Yang lebih buruk lagi, video kita bisa langsung di hapus oleh pihak Youtube karena di anggap menyesatkan. dan kalau hal itu terus terjadi, maka Chanel kita bisa di suspend atau bahkan di Hapus.



7. Upload secara rutin

Hal berikutnya yang harus dilakukan untuk menjaga Subscriber kita dan menambah Subscriber baru adalah dengan upload Video secara rutin. tidak perlu setiap hari, yang terpenting adalah kita mempunyai jadwal upload video yang jelas. misalnya setiap hari minggu, atau satu bulan sekali. atau kalau anda orang yang produktif, anda bisa upload video setiap hari.

Mengapa hal ini penting. karena dengan jadwal yang teratur, penonton akan tahu kapan harus datang ke Channel kita untuk melihat video yang baru.

Tidak mudah memang menjaga semangat kita supaya mampu membuat video secara rutin. oleh karena itu, sebelumnya kita harus mengenali terlebih dahulu kemampuan kita. kalau kita hanya mampu membuat satu  video dalam satu bulan, maka upload lah video satu bulan sekali. 

Jangan hanya karena ada orang lain yang upload video setiap hari, kita memaksa diri untuk melakukan hal yang sama. akibatnya adalah kita akan stress memikirkan video apa yang akan di buat. kalau sudah begitu, semangat kita dalam membuat video akan semakin menurun.

8. Sertakan ajakan untuk subscribe di dalam video

Menyertakan ajakan untuk subscribe perlu di lakukan untuk mendorong penonton untuk berlangganan.

Hal ini terbukti dari beberapa Chanel yang saya amati yang selalu menyertakan ajakan untuk subscribe di dalam video nya, jumlah subscribers mereka berkembang dengan sangat cepat.

Ajakan untuk subscribe dengan cara yang bersahabat cenderung lebih berhasil. Ketimbang ajakan lewat tulisan atau ajakan yang terlihat memaksa, apalagi memelas.

Waktu yang tepat untuk menampilkan ajakan untuk subscribe bisa di di awal setelah intro, di antara jeda adegan, atau di akhir Video. Kalau saya sendiri merasa waktu yang paling efektif adalah di awal video, tepatnya setelah kita menampilkan cuplikan dari isi keseluruhan video. Skenario nya kira kira begini, pertama intro, cuplikan isi video, ajakan untuk subscribe, lalu isi seluruh video, dan yang terakhir kembali tampilkan ajakan untuk subscribe.

Hal yang penting untuk di ingat adalah, jangan sampai ajakan subscribe itu terkesan memaksa. Apalagi sampai mengganggu. Bukannya subscriber yang kita dapatkan, bisa jadi malah dislike yang mereka berikan.

9. Share video pada komunitas yang sesuai dengan konten video

Setelah semuanya siap, saatnya untuk menyebarkan video kita pada orang yang tepat.

Share video tidak akan di anggap spam oleh YouTube, mereka justru menyarankan kita untuk membagikan link video kita sebanyak mungkin. Lihat saja di email setelah kita Upload video. Di sana pastikan ada tombol untuk membagikan link video kita. Atau di YouTube sendiri, mereka menyediakan banyak sekali tombol untuk membagikan link video kita. Jadi tidak perlu ragu untuk menyebarkan video kita.

Hal yang perlu di ingat adalah jangan menyebarkan link video pada orang atau komunitas yang tidak menginginkan video kita. Hal itulah yang mungkin di anggap spam oleh komunitas itu sendiri.

Praktek terbaik dalam menyebarkan link video kita adalah dengan mencari komunitas yang sesuai dengan isi video kita. Sebagai contoh, kalau kita mempunyai Video tentang memancing, maka sebarkan lah video kita pada komunitas komunitas pemancing.

Jangan lupa terlebih dahulu membaca aturan dalam komunitas supaya kita tidak di banned.

10. Lakukan kolaborasi.

Satu hal lagi yang terbukti bisa menambah jumlah subscribers adalah dengan kolaborasi. 

Dengan siapa kita bisa berkolaborasi, ya dengan sesama Youtuber. Teknik yang biasa di lakukan adalah dengan membuat video bersama. Atau memakai lagu dari Youtuber lain. Atau bisa saling mempromosikan Chanel.

Kolaborasi adalah kerjasama saling menguntungkan. Dimana Chanel kita akan di kenal oleh penonton Chanel rekan kita. Dan sebagai timbal balik nya, kita pun memperkenalkan Chanel rekan kita pada penonton kita.

11. Berdoa

Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah berdoa. Bagaimana pun juga faktor keberuntungan tetap mempengaruhi berhasil tidaknya kita menjadi seorang Youtuber yang sukses. Oleh karena itu sebagai orang yang beragama, jangan lupa berdoa. 

Apa yang saya tulis ini adalah hasil dari pengamatan dan pengalaman saya pribadi. Oleh karena itu sebagai orang yang masih terus belajar, tentu ada banyak kekurangannya.

Saya akan senang sekali apabila apa yang saya tulis bisa membantu anda. Kalau anda mempunyai saran yang bisa melengkapi isi artikel ini silahkan saling berbagi informasi di kolom komentar.


RELATED ARTIKEL

Comments

Popular posts from this blog

Urutan Tata Cara Odalan di Sanggah

Cara mengetahui Java JDK sudah di Install dengan benar di windows 10

Cara Mengatasi Java JDK tidak jalan di Windows 10