Skip to main content

Inilah Manusia Tertua di Dunia dari Indonesia Umurnya Bikin Geleng Geleng


Peringkat sebagai manusia tertua di dunia ternyata di pegang oleh seorang kakek yang berasal dari Indonesia lho. Sodimedjo  nama, atau biasa di panggil Mbah Gotho. Banyak yang penasaran dengan berapa umur si Mbah ini. 

Pada KTP lelaki asal Sambungmacan, Sragen, Jawa Tengah ini tertulis tanggal kelahirannya 13 Desember 1870. jadi pada saat meninggal pada bulan mei 2017, umur Mbah Goto sudah 146 tahun. Hal ini melampui rekor manusia tertua dari Jepang yaitu 112 tahun. 

Ingatannya bahkan masih cukup kuat ketika bercerita tentang peristiwa di masa lalu. Dia masih ingat tentang  keberadaan Pabrik Gula Gondang Winangoen di kota kelahirannya, Klaten, Jawa Tengah, semasa penjajahan Belanda. Yang semula bernama Suikerfabriek Gondang Winangoen.


“Kalau musim giling itu suara mesinnya keras terdengar sampai ke kampung. Dulu saya suka main di pabrik. Jaman dulu itu jalan besar tidak ada kendaraan, motor, bus. Tidak seperti sekarang," ungkap Mbah Gotho saat diwawancarai wartawan Nonie Arnee.

Sebagai catatan, Pabrik Gula Gondang Winangoen didirikan pada 1860 oleh NV Klatensche Cultuur Maatschappijpabrik dan Pabrik Gula Mojo Sragen pada 1860. Pabrik tersebut masih beroperasi pada era 1930-an hingga 1942. Tak bisa dipastikan pada periode mana Mbah Gotho mengingat masa-masa pabrik gula itu, yang bisa menunjukkan kebenaran pengakuan usianya. Masalahnya, tak ada sumber lain yang bisa mengukuhkan pengakuannya.

Selain pabrik gula, hal lain yang diingatnya ketika dia dan warga kampung mencegat dan membakar tank tentara Belanda saat melintas di jembatan kampung.

"Ambil kayu di hutan, disiram bensin terus dinyalakan. Tank Belanda datang, dicegat terus, duuaar," serunya, menirukan suara ledakan.

Ketika ditanya tentang istri, Gotho tak mampu mengingatnya dengan pasti.

"Istriku banyak, ada anak Wedana Gondang, ada anaknya Demang di kampung sini. Dulu belum cerai saja saya sudah punya istri lagi. Tapi istriku sudah meninggal semua, anakku empat, yang masih hidup hanya saya,” ujar Mbah Gotho.

Mbah Gotho Meninggal.

"Mbah Gotho meninggal tadi sekitar pukul 17.45 WIB," ucap Suryanto, cucu Mbah Gotho, Minggu (30/4/2017) malam.‎

Mbah Gotho sempat dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soehadi Prijonegoro Sragen pada hari Rabu, 12 April 2017. Lelaki yang diduga berusia 146 tahun itu memaksa pulang dari rumah sakit pada Senin, 18 April 2017.

Suryanto menjelaskan sejak enam hari terakhir, kakeknya sudah tidak mau makan. Jika disuapi, pasti Mbah Gotho bilang akan ambil makan sendiri jika memang ingin makan.

"Simbah enggak mau makan sejak enam hari ini. Dikasih makan sedikit juga pasti (hanya) diusap," ujar Suryanto.

Suryanto menjelaskan, sekalipun kakeknya tidak mau makan, tapi masih bisa berkomunikasi.

"Simbah dimakamkan besok Senin (1 Mei 2017), pukul 11.00 WIB," ujar dia.


RELATED ARTIKEL

Comments

Popular posts from this blog

Urutan Tata Cara Odalan di Sanggah

Cara mengetahui Java JDK sudah di Install dengan benar di windows 10

Cara Mengatasi Java JDK tidak jalan di Windows 10