Skip to main content

Cara Mengatasi Android SDK tidak jalan di Windows

Gagal saat menjalankan SDK Android sepertinya banyak di alami oleh para developer Android pemula.

Saya sebagai seorang newbie di bidang Android juga mengalami masalah yang sama. Setelah selesai membuat game pertama yang saya buat dengan Unity, tiba waktunya melakukan proses terakhir yaitu membuat file  Apk,  atau  biasa  di sebut  Build supaya Game yang kita buat bisa di coba di perangkat Android.

Setelah mencoba melakukan Build, ternyata muncul error yang mengatakan SDK Android tidak di temukan.

Setelah melakukan browsing tentang cara menambahkan SDK Android di Unity, banyak panduan yang saya baca. Semua artikel yang saya baca mengatakan, untuk mengatasi masalah SDK Android tidak di temukan kita harus menginstal Java JDK dan mempunyai file Android SDK yang bisa di download website Android Developer.

Sesuai petunjuk saya sudah download dan install  java terbaru, dan download SDK Android dan saya copy ke Drive D.

Langkah langkah mengatasi masalah android.bat tidak jalan pada Android SDK


Nah sekarang saatnya mencoba menjalankan file Android.bat yang ada di folder tools di SDK Android. Tapi masalah ada baru, file android.bat tidak mau jalan. Berbagai cara saya coba untuk mengatasi masalah ini, saya akan rinci langkah apa saja yang sudah saya lakukan dan langkah apa saja yang berhasil mengatasi masalah android.bat tidak mau jalan.

Langkah langkah yang saya lakukan untuk mengatasi masalah android.bat tidak jalan pada Android SDK:

  1. Mendaftarkan lokasi Java JDK di install pada Windows Enviroment Variable. tujuannya langkah ini supaya windows bisa mengenali perintah Java tanpa perlu masuk ke folder Java JDK. silhkan lihat cara mengatasi masalah Java JDK tidak Jalan di windows untuk informasi lebih detail langkah ini.
  2. Run android.bat as administrator
  3. Download ulang file Android SDK
  4. Install ulang Java JDK
  5. Install versi lengkap Android studio


Setelah semua langkah di atas saya lakukan, tetap saja android.bat tidak mau jalan. Saya sempat berpikir mungkin masalah Ini karena path Java tidak di kenal. Memang awalnya path Java tidak di temukan. Untuk mengetahui apakah path Java sudah di temukan silahkan baca artikel
cara mengetahui apakah Java sudah di install dengan benar.

Setelah saya mendaftarkan Java pada enviroment variable, ternyata Java sudah berjalan normal, tetapi tetap saja Android.bat tidak bisa jalan.

Akhirnya saya melakukan pencarian lagi. Dan menemukan solusi untuk mengatasi masalah Android SDK tidak jalan di Windows. Caranya adalah dengan download versi lama dari Android SDK.

DOWNLOAD
Android SDK
Java JDK terbaru 

CATATAN : 
Dalam beberapa kasus yang saya baca, banyak orang bisa menyelesaikan masalah Android SDK hanya dengan beberapa langkah yang saya uraikan di atas.

Semoga pengalaman saya mengatasi masalah Android SDK dimana Android.bat tidak mau jalan, bisa membantu para Android Developer yang mengalami masalah yang sama.

Apabila anda mempunyai cara lainnya untuk mengatasi masalah Android SDK di Windows, silahkan berbagi di kolom komentar.
RELATED ARTIKEL

Comments

  1. Same problem. Hanya beda sedikit gan. Tapi belum juga selesai.

    Java sudah terinstal dg benar versi terbaru jdk-12 dan sudah edit eviroment juga di pat juga, dan jika agan sudah berhasil instal sdk, kalo saya malah belum karena saat instal sdk, software tidak membaca java, cek cmd java susah bisa run dan terinstal.

    Jadi makin bingung. Ane jalan di win10-64

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urutan Tata Cara Odalan di Sanggah

Cara mengetahui Java JDK sudah di Install dengan benar di windows 10

Cara Mengatasi Java JDK tidak jalan di Windows 10