Skip to main content

Cara Compile Project React Native Menjadi APK

Setelah project react native yang kita kerjakan selesai dan semua fitur sudah bekerja sempurna di emulator. kini saatnya kita membuat file APK supaya Aplikasi yang kita buat bisa di install di perangkat android.

Cara Untuk Membuat File APK Versi Release.

APK versi release adalah file final yang bisa di install di perangkat android. pada versi ini semua fungsi dan  menu debug tidak akan ada. 

Membuat signing key

Signing ke di sini adalah file dengan extensi .keystore yang berfungsi sebagai id unik dari Alpikasi yang kita buat. file ini bisa kita buat dengan keytool dari java. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka terminal atau command promt
  2. Di terminal, masuk ke folder project kita ( sebenarnya bisa di mana saja , tapi saya lebih suka kita membuat file keystore ini langsung di folder project)
  3. Copy perintah di bawah ini, dan jalankan di terminal
    keytool -genkeypair -v -keystore my-release-key.keystore -alias my-key-alias -keyalg RSA -keysize 2048 -validity 10000
    Setelah di jalankan, kita akan di minta untuk memasukan nama,Password, unit Organisasi, Nama Organisasi, Kota Dan Dua Digit Kode Telp Negara. Isikan semua data yang di minta sampai proses selesai.
  4. Proses ini akan menghasilkan file bernama my-release-key.keystore yang berada di folder tempat kita menjalankan perintah keytool tadi ( dalam kasus ini adalah folder project kita)

Melakukan update pada  file Gradle

Setelah file keystore jadi, selanjutnya kita perlu melakukan perubahan pada file gradle yang berada dalam project kita. ada dua file gradle yang perlu di update yaitu:
  1. Yang pertama adalah file build.properties yang berada di folder android. tambahkan baris code berikut ini
    MYAPP_RELEASE_STORE_FILE=my-release-key.keystore MYAPP_RELEASE_KEY_ALIAS=my-key-alias MYAPP_RELEASE_STORE_PASSWORD=***** MYAPP_RELEASE_KEY_PASSWORD=*****
    Ganti tanda **** dengan password yang kita buat sebelumnya
  2. Kedua, edit file build.gradle yang berada di folede android/app. tambahkan code berikut di bawah defaultConfig.
    signingConfigs { release { if (project.hasProperty('MYAPP_RELEASE_STORE_FILE')) { storeFile file(MYAPP_RELEASE_STORE_FILE) storePassword MYAPP_RELEASE_STORE_PASSWORD keyAlias MYAPP_RELEASE_KEY_ALIAS keyPassword MYAPP_RELEASE_KEY_PASSWORD } } }

    Dan tambahkan baris code berikut di dalam buildTypes.
    signingConfig signingConfigs.release

    Kalau kita lupa menambahkan baris code ini maka, saat compile kita hanya mendapatkan file unsignapk yang tidak bisa di install di perangkat android. berikut ini hasil jadi file yang sudah di edit. bagian yang di tandai adalah yang baru kita tambahkan: 

Membuat file Release APK

Setelah semua pengaturan di atas benar, sekarang kita tinggal melakukan compile. jalankan perintah berikut di terminal
cd android ./gradlew assembleRelease
Tunggu sampai proses compile selesai. file hasil compile akan di simpan di dalam folder android\app\build\outputs\apk\release

Demikianlah cara membuat file APK dari project react native. semoga catatan  ini bisa membantu terima kasih.
RELATED ARTIKEL

Comments

Popular posts from this blog

Urutan Tata Cara Odalan di Sanggah

Cara mengetahui Java JDK sudah di Install dengan benar di windows 10

Cara Mengatasi Java JDK tidak jalan di Windows 10