Skip to main content

Test API Server dengan REST Client Insomia

Setelah menyelesaikan setup API Server dengan Laravel Passport, sekarang saatnya kita melakukan test login untuk memastikan semua setup sudah benar. untuk melakukan hal ini kita memerlukan Program Rest Client Insomia.

Memang ada beberapa aplikasi Rest Client yang bisa kita gunakan, tetapi saya lebih suka menggunakan Insomia, karena tampilannya lebih simple dan sangat mudah di gunakan.

Sebelum melakukan test login, pastikan kita sudah mengunduh dan Install Insomia rest. Kalau sobat belum pernah menggunakan Insomia, di bawah ini adalah cara menggunakan Insomia:
Tampilan Insomia


Klik tombol + untuk membuat request baru. 
Setelah klik New Request, kita akan di minta untuk memberi nama, sobat bisa memberi nama apa saja, tapi pada contoh kali ini, kita akan memberi nama login, karena fungsi request ini adalah untuk Login ke Server API.

Pilih POST
Selanjutnya pilih POST karena kita akan melakukan login melalui route dengan metode post. Masukan juga url route login server API kita. contohnya http://127.0.0.1/serverapi/public/oauth/token.

Tambahkan item di seperti gambar ini pada bagian Multipart

Selanjutnya kita harus memasukan input yang di perlukan dalam proses login. berikut ini adalah penjelasan input yang di perlukan:

  • grant_type: isi dengan password, karena kita akan melakukan login menggunakan password.
  • client_id: isi dengan 2, karena nilai default untuk grant_type password adalah 2.
  • client_secret: adalah key yang kita dapatkan pada saat install Passport. Apabila sobat lupa, silahkan buka tabel oauth_clients untuk melihatnya.
  • username: adalah alamat email user yang sudah terdaftar di server
  • password : adalah sandi dari user bersangkutan.
Setelah semua terisi, klik send. Apabila semua setelan sudah benar, maka kita akan mendapatkan output yang berisi token_type, expires_in, acces_token dan refresh_token. Sampai disini berarti kita sudah sukses dalam pengaturan awal server API.
Setelah sukses melakukan login dan mendapatkan acces_token, selanjutnya kita akan terus menggunakan acces_token ini untuk melakukan akses data ke server API.

Demikianlah cara untuk melakukan test login pada API Server yang dibuat dengan Laravel Passport. Pada catatan selanjutnya kita akan belajar bagaimana cara menyembunyikan client_secret dengan menggunakan modul Guzzle.
RELATED ARTIKEL

Comments

Popular posts from this blog

Urutan Tata Cara Odalan di Sanggah

Cara mengetahui Java JDK sudah di Install dengan benar di windows 10

Cara Mengatasi Java JDK tidak jalan di Windows 10